Rabu, 30 Juli 2008

MEMILIH DAN MENGGANTI OLI DENGAN PAS

Memilih dan mengganti pelumas menjadi bagian sangat penting dalam perawatan kendaraan bermotor. Teknologi dan pemakaian kendaraan mensyaratkan jenis pelumas tertentu. Karena itu perbedaan spesifikasi pelumas perlu dipahami betul oleh pemilik kendaraan agar tidak terjadi salah pakai dan pemborosan.

Kondisi kendaraan bermotor sangat ditentukan oleh pemeliharaannya. Dengan perawatan yang baik, kendaraan akan selalu dalam kondisi prima. Bila asal-asalan, jangan heran kalau kendaraan sering ngadat.

Perawatan yang tergolong sederhana tetapi sangat vital adalah pengantian rutin minyak pelumas, meski sederhana, jenis perawatan ini sering menyiksakan persoalan pemilihan pelumas yang tepat dan hal-hal yangberkaitan dengan penggantiannya. Pasalnya, pelumas di pasaran tidak hanya berbeda merk tetapi juga memiliki beberapa spesifikasi. Selain itu, penggantian pelumas (untuk bensin) juga berkaitan dengan penggantian suku cadang lainnya.

Dari semua jenis pelumas, pelumas mesinlah yang paling penting lantaran di dalam mesin terjadi berbagai macam gerakan yang memerlukan pelicin supaya tidak mudah aus. Karena kerja pelumas pada mesin lebih berat, maka penggantiannya pun lebih sering dibandingkan dengan pelumas lainnya.

Tidak ada komentar: